Layanan Kepegawaian Paud Dikdasmen

Layanan Kepegawaian Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Menengah
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

KEBIJAKAN PRIVASI

 

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah (kami) berkomitmen untuk melindungi dan menghormati privasi pengguna (anda) saat mengakses dan menggunakan sistem pengelolaan data kehadiran dan informasi pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah (Kepegawaian).

Kebijakan Privasi ini mengatur landasan dasar mengenai bagaimana kami menggunakan informasi pribadi yang kami kumpulkan dan/atau atau anda berikan (informasi pribadi). Kebijakan Privasi ini berlaku bagi seluruh pengguna kepegawaian, kecuali diatur pada Kebijakan Privasi yang terpisah. Mohon membaca Kebijakan Privasi kami dengan seksama sehingga anda dapat memahami pendekatan dan cara kami dalam menggunakan informasi tersebut.

Kebijakan Privasi ini mencakup hal-hal sebagai berikut:

  1. Informasi Pribadi yang Dapat Kami Kumpulkan
  2. Penggunaan Informasi Pribadi
  3. Pengungkapan Informasi Pribadi
  4. Penyimpanan Informasi Pribadi
  5. Hak Anda
  6. Kebijakan Cookies
  7. Pengakuan dan Persetujuan
  8. Perubahan dalam Kebijakan Privasi Kami
  9. Cara Menghubungi Kami
  1. INFORMASI PRIBADI YANG DAPAT KAMI KUMPULKAN
  2. Kami dapat mengumpulkan informasi pribadi berupa:

    1. Informasi yang Anda berikan

      Untuk keperluan presensi dan melengkapi dokumen izin dan kepegawaian, Kepegawaian akan mengakses kamera perangkat anda untuk dapat melakukan selfie dan scan dokumen yang dibutuhkan, demikian pula, untuk dokumen yang membutuhkan pembuktian melalui rekaman suara, Kepegawaian akan mengakses mic perangkat anda.

      Selanjutnya, anda dapat memberikan informasi melalui formulir elektronik pada Kepegawaian maupun dengan berkorespondensi melalui telepon, surat elektronik, dan sebagainya.

      Saat menggunakan Kepegawaian, kami dapat meminta anda untuk memberikan kami informasi identitas pribadi tertentu yang dapat digunakan untuk menghubungi atau mengidentifikasi anda. Informasi identitas pribadi dapat mencakup, tetapi tidak terbatas pada:

      1. Nomor Induk Kepedudukan
      2. Nomor Induk Pegawai
      3. Alamat email
      4. Nama depan dan nama belakang
      5. Nomor telepon
      6. Unit dan jabatan
      7. Cookie dan data penggunaan

      Kami dapat meminta anda untuk melakukan verifikasi terhadap informasi yang anda berikan, untuk memastikan akurasi dari informasi tersebut.

    2. Informasi yang kami kumpulkan

      Untuk setiap kunjungan anda ke Kepegawaian, kami dapat mengumpulkan informasi berikut secara otomatis:

      1. Informasi teknis, meliputi alamat Protokol Internet (IP address) yang digunakan untuk menghubungkan komputer anda dengan internet, informasi log in anda, jenis dan versi perambah (browser) yang digunakan, pengaturan zona waktu, jenis dan versi ekstensi perambah (browser plug-in), serta sistem operasi;
      2. Informasi tentang kunjungan anda, termasuk daftar lengkap URL (Uniform Resource Locators) yang dikunjungi menuju, dan melalui Kepegawaian (termasuk tanggal dan waktu); data yang anda lihat atau cari; waktu respon halaman, masalah pengunduhan, lama kunjungan pada halaman tertentu, informasi interaksi pada halaman, metode yang digunakan untuk meninggalkan situs, serta nomor telepon yang digunakan untuk menghubungi layanan pelanggan kami
      3. Data nilai capaian kerja anda, termasuk namun tidak terbatas pada capaian kinerja dan capaian Kehadiran anda yang diperoleh melalui Kepegawaian, serta data lain
    3. Informasi yang kami terima dari sumber lain

      Kami dapat menerima informasi jika anda menggunakan situs lain yang kami operasikan atau layanan lain yang kami sediakan. kami akan mengambil langkah-langkah dalam batas kewajaran untuk melakukan verifikasi terhadap informasi yang kami dapatkan dari sumber lain sesuai dengan Peraturan yang Berlaku.

  1. PENGGUNAAN INFORMASI PRIBADI
  2. Kami menggunakan informasi pribadi dengan cara-cara berikut:

    1. Informasi yang anda berikan
    2. Kami akan menggunakan informasi ini:

      1. Untuk menyediakan dan memelihara Layanan
      2. Untuk memberitahukan anda tentang perubahan dalam pelayanan kami
      3. Untuk memungkinkan anda berpartisipasi dalam fitur interaktif Layanan kami saat anda memilih untuk melakukannya
      4. Untuk memberikan layanan dan dukungan pelanggan
      5. Untuk memberikan analisis atau informasi sehingga kami dapat meningkatkan Layanan
      6. Untuk memantau penggunaan Kepegawaian
      7. Untuk mendeteksi, mencegah, dan mengatasi masalah teknis
    3. Informasi yang kami kumpulkan
    4. Kami akan menggunakan informasi ini:

      1. Untuk mengelola Kepegawaian dan operasi internal kami, termasuk pencarian sumber masalah (troubleshooting), analisis data, pengujian, penelitian, serta tujuan-tujuan statistik dan survei lainnya;
      2. Untuk memperbaiki Kepegawaian sehingga konten dipastikan dapat disajikan dengan cara yang paling efektif untuk anda;
      3. Untuk memungkinkan anda berpartisipasi dalam fitur interaktif layanan kami, ketika anda inginkan;
      4. Sebagai bagian dari usaha dalam memastikan keselamatan dan keamanan Kepegawaian;
    5. Informasi yang kami terima dari sumber lain
    6. Kami dapat menggabungkan informasi yang kami terima dari sumber lain dengan informasi yang anda berikan dan informasi yang kami kumpulkan. Kami dapat menggunakan informasi ini maupun informasi gabungan untuk tujuan yang diatur di atas (tergantung tipe informasi yang kami terima).

  1. PENGUNGKAPAN INFORMASI PRIBADI
  2. Informasi anda, termasuk data pribadi, dapat ditransfer dan simpan di komputer yang terletak di luar provinsi, negara atau yurisdiksi pemerintah lainnya di mana undang-undang perlindungan data mungkin berbeda dari yurisdiksi anda.

    Jika anda berada di luar Indonesia dan memilih untuk memberikan informasi kepada kami, harap diperhatikan bahwa kami mentransfer data, termasuk data pribadi, ke Indonesia dan memprosesnya di sana.

  1. PENYIMPANAN INFORMASI PRIBADI
  2. Seluruh informasi Pribadi yang anda berikan kepada kami disimpan di server yang aman. Semua transaksi data Kepegawaian akan dienkripsi. Dengan menyerahkan informasi pribadi anda pada Kepegawaian, anda menyetujui pengalihan, penyimpanan, serta pengolahan yang terjadi pada Kepegawaian. Kami akan mengambil langkah-langkah dalam batas kewajaran yang diperlukan untuk memastikan bahwa informasi pribadi tersebut diperlakukan dengan aman dan sesuai dengan Kebijakan Privasi serta peraturan yang berlaku.

    Seluruh informasi pribadi yang anda berikan akan kami simpan:

    1. Selama anda masih menjadi pengguna dari Kepegawaian dan;
    2. Setidaknya 5 (lima) tahun sejak tanggal di mana anda berhenti menggunakan Kepegawaian; atau
    3. Sesuai dengan tujuan awal dari pengumpulan informasi pribadi tersebut.

    Dalam situasi di mana kami memberikan (atau anda memilih) sebuah kata sandi (password) yang mengizinkan anda untuk mengakses bagian-bagian tertentu pada Kepegawaian, anda bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan kata sandi ini. kami meminta anda untuk tidak membagi kata sandi dengan siapa pun.

    Mohon untuk dapat diperhatikan bahwa transmisi informasi melalui internet tidak sepenuhnya aman. Meskipun demikian, kami akan berusaha sebaik mungkin untuk melindungi informasi pribadi tersebut. kami tidak bisa menjamin keamanan data yang dikirimkan ke Platform kami; risiko dari setiap transmisi menjadi tanggung jawab anda. Begitu kami menerima informasi pribadi anda, kami akan menggunakan prosedur yang ketat dan fitur keamanan untuk mencegah akses yang tidak diizinkan.

  1. HAK ANDA
  2. Anda dapat memohon untuk penghapusan informasi pribadi anda pada Kepegawaian atau menarik persetujuan anda untuk setiap atau segala pengumpulan, penggunaan atau pengungkapan informasi pribadi anda dengan memberikan kepada kami pemberitahuan yang wajar secara tertulis melalui detail kontak yang tercantum. Tergantung pada keadaan dan sifat permohonan yang anda minta, anda harus memahami dan mengakui bahwa setelah penarikan persetujuan atau permohonan penghapusan tersebut, anda mungkin tidak lagi dapat menggunakan Kepegawaian. Penarikan persetujuan anda dapat mengakibatkan penghentian Akun anda atau hubungan kontraktual anda dengan kami, dengan semua hak dan kewajiban yang muncul sepenuhnya harus dipenuhi. Setelah menerima pemberitahuan untuk menarik persetujuan untuk pengumpulan, penggunaan atau pengungkapan informasi pribadi anda, kami akan menginformasikan anda tentang konsekuensi yang mungkin terjadi dari penarikan tersebut sehingga anda dapat memutuskan apakah anda tetap ingin menarik persetujuan atau tidak.

    Anda dapat meminta kepada kami untuk mengakses dan/atau mengoreksi informasi pribadi anda yang berada dalam kepemilikan dan penguasaan kami.

    Kepegawaian dapat, dari waktu ke waktu, memuat link dari dan menuju situs-situs terkait. Jika anda mengikuti link ke salah satu situs tersebut, mohon perhatikan bahwa situs-situs tersebut memiliki Kebijakan Privasi mereka sendiri dan bahwa kami tidak bertanggung jawab atau memiliki kewajiban apa pun atas kebijakan-kebijakan tersebut. Mohon periksa kebijakan-kebijakan tersebut sebelum anda menyerahkan informasi apa pun ke situs-situs tersebut.

  1. KEBIJAKAN COOKIES
  2. Ketika anda menggunakan Platform, kami dapat menempatkan sejumlah cookies pada browser anda. Cookies adalah sebuah berkas digital kecil berisi huruf dan angka yang kami simpan pada browser atau hard drive komputer anda atas persetujuan anda. Cookies mengandung informasi yang dipindahkan ke hard drive keras komputer anda.

    Cookies dapat digunakan untuk tujuan berikut:

    1. Mengaktifkan fungsi tertentu;
    2. Memberikan analisis; dan
    3. Menyimpan preferensi anda.

    Beberapa cookies ini hanya akan digunakan jika anda menggunakan fitur tertentu, atau memilih preferensi tertentu, sementara sebagian Cookies lain akan selalu digunakan.

    Kami menggunakan cookies untuk alasan-alasan berikut:

    1. Cookies dibutuhkan untuk pengoperasian Platform kami. Ini termasuk, misalnya, Cookies yang memungkinkan anda memasuki Area yang aman Kepegawaian; dan;
    2. Cookies memungkinkan kami untuk mengenali dan menghitung jumlah pengunjung serta melihat bagaimana pengunjung bergerak di sekitar Kepegawaian saat mereka menggunakannya. Ini membantu kami memperbaiki cara kerja Kepegawaian, misalnya, dengan memastikan pengguna menemukan apa yang mereka cari dengan mudah.

    Anda dapat menghapus Cookies dengan cara melakukan fungsi clear data pada mobile app anda yang memungkinkan anda untuk menolak pengaturan seluruh atau sebagian Cookies. Akan tetapi, anda mungkin tidak dapat mengakses seluruh atau sebagian Kepegawaian

  1. PENGAKUAN DAN PERSETUJUAN
  2. Dengan menyetujui Kebijakan Privasi, anda mengakui bahwa telah berusia 18 tahun ke atas, dan telah telah membaca dan memahami Kebijakan Privasi ini serta menyetujui segala ketentuannya. Secara khusus, anda setuju dan memberikan persetujuan kepada kami untuk mengumpulkan, menggunakan, membagikan, mengungkapkan, menyimpan, mentransfer, atau mengolah informasi pribadi anda sesuai dengan Kebijakan Privasi ini.

    Dalam hal anda memberikan informasi pribadi yang berkaitan dengan individu lain (misalnya informasi pribadi yang berkaitan dengan pasangan anda, anggota keluarga, teman, atau pihak lain) kepada kami, maka anda menyatakan dan menjamin bahwa anda telah memperoleh persetujuan dari individu tersebut untuk, dan dengan ini menyetujui atas nama individu tersebut untuk, pengumpulan, penggunaan, pengungkapan dan pengolahan informasi pribadi mereka oleh kami.

  1. PERUBAHAN DALAM KEBIJAKAN PRIVASI KAMI
  2. Perubahan apa pun yang kami lakukan terhadap Kebijakan Privasi kami di masa depan akan diterbitkan melalui halaman ini dan, ketika dibutuhkan, diberitahukan kepada anda melalui surat elektronik. Mohon kunjungi kembali halaman ini dari waktu ke waktu untuk melihat adanya pemutakhiran atau perubahan pada Kebijakan Privasi kami.

  1. CARA MENGHUBUNGI KAMI
  2. Jika anda memiliki pertanyaan mengenai Kebijakan Privasi ini atau anda ingin mendapatkan akses dan/atau melakukan koreksi terhadap informasi pribadi anda, silahkan dapat menghubungi kami melalui admin.paudasmen@kemdikbud.go.id.